Share |

Ritual Pelik

1. Satere Mawe - Amazon

Jauh didalam pedalaman hutan Amazon ada sisi menarik dari ritual kedewasaan dari suku Satere-Mawe. Para pemuda dari suku Satere-mawe harus memasukkan tangan ke dalam "sarung tangan" yang terbuat dari anyaman yang penuh dengan semut peluru (bullet ant) untuk mencapai kedewasaan mereka. Dan hal itu dilakukan selama kurang lebih 10 menit tanpa boleh berteriak dan dilakukan selama berulang kali, bahkan boleh mencapai 20 kali.


Menurut sumber ini semut-semut peluru dari amazon terkenal mempunyai sengat paling menyakitkan di antara semua semut di dunia. Kulit akan terasa terbakar apabila terkena sengatan semut ini dan rasa sengatan tersebut akan bertahan selama 24.



2. Mardudjara circumcision - aborigin Australia



Ritual sunat bagi suku Mardudjara agak sedikit berbeda dari biasanya. Ketika para pemuda suku Mardudjara sudah mendekati umur dewasa, para pemuda tersebut di haruskan bersunat,  sekitar umur 15 - 16 tahun.

apa yang menyediahkan, setelah kemaluan si pemuda di potong , Ketua suku memerintahkan pemuda itu untuk menelan KEMALUANnya tersebut TANPA DIKUNYAH (ewww!)



3. Maasai warrior – Kenya, Tanzania


Para pemuda suku Maasai Kenya dan Tanzania memiliki serangkaian ritual peralihan yang membawa anak laki-laki menuju kedewasaan. Sekitar umur 10 atau 15 tahun yang akan dijadikan prajurit-prajurit yang baru.

Malam sebelum upacara, setiap anak laki-laki tersebut akan dibawa tidur di hutan dan kembali pada waktu fajar. Setelah kembali ke perkampungan, mereka di haruskan minum susu yang di campur dengan darah sapi dan kemudian di sunat. Setelah disunat, semua suku Maasai akan menganggap dirinya seorang pria, pahlawan, dan pelindung dari desanya.



4. Land Diving Vanuatu, negara kepulauan pasifik selatan


ritual ini hampir sama dengan bungee jumping tetapi bezanya dengan ritual ini adalah, ritual ini hanya menggunakan seutas tali diperbuat dari tumbuhan. Tali tersebut berupa seperti seutas tali tambang panjang yang hanya di ikat di kedua kakinya. Pemuda yang beranjak dewasa diwajibkan untuk memanjat  tiang-tiang kayu setinggi 30 meter kemudiannya melompat dari atas dengan kecepatan jatuh kurang lebih 72km/h.


5. Sambia – Papua New Guinea


Suku Sambia di pedalaman Papua new guinea memiliki ritual kedewasaan yang unik dan ekstrim. Pada permulaan kanak-kanak lelaki yang berumur 7 tahun akan di pisahkan dari ibunya dan di tempatkan di sebuah pondok yang dihuni oleh semua kanak-kanak lelaki.

Setelah dipisahkan dari kaum wanitan, kanak-kanak lelaki ini akan mengikuti aktiviti yang sangat berbahaya. Aktiviti yang pertama adalah menyedut darah dari hidung dengan cara penusukan rumput tajam ke dalam hidung sampai darah mengalir dengan deras,  kemudian kanak lelaki itu akan dipukul oleh orang dewasa,setelah itu mereka harus meminum SPERMA  dari ketua adat suku sambia. Kononnya ini adalah bertujuan untuk menguatkan anak-anak mereka dan mempersiapkan mereka untuk hidup sebagai pejuang.


6. Mandan hook hanging – Native American


Lelaki suku Mandan diwajibkan berpuasa selama 3 hari untuk membersihkan tubuh dari kotoran.Kemudian pada hari ritual dilaksanakan, ketua suku akan mengaitkan dada mereka dengan 2 buah stik kayu dan diikat dengan dua buah tali di mana kemudian di gantungkan di langit-langit tenda dan tidak boleh berteriak ataupun menangis sehinggalah pemuda tersebut tidak sedarkan diri. Setelah pemuda tersebut dipastikan tidak sedar, barulah kaitannya akan dilepas .





ditranslasi dari sumber: http://www.taukahkamu.com/2010/09/ritual-kedewasaan-suku-suku-terpencil.html


0 comments to "Ritual Pelik"

Post a Comment

This Week's Popular Posts

Total Pageviews

All Time Popular Posts

Web hosting for webmasters